Visi misi MAN 1 Bulukumba
Visi
MAN 1 Bulukumba:
“Terwujudnya Madrasah
Religius yang unggul, Profesional, sehat dan
bersih, akuntabel, serta adaptif terhadap perkembangan tekhnologi”.
Misi MAN 1 Bulukumba
1. Menumbuhkan pengamalan
nilai-nilaiIslam, dan akklakul karimah kedalamseluruh aktivitas warga madrasah
2. Menyelenggarakan
pembelajaran yang berkualitas, inovatif, dan berorientas pada prestasi serta
daya saing peserta didik
3. Mengembangkan
profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan kompetensi
dan budaya kerja “Sulapa Lima”
4. Mewujudkan lingkungan
madrasah yang sehat, bersih, aman dan menyenangkan sebagai cerminan budaya 7K
5. Menyelenggarakan tata kelola
madrasah yang transparan,akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan mutu
layanan public
6. Mengintegrasikan tekhnologi
informasi dalam pembelajaran, administrasi dan manajemen madrasah untuk
menghadapi tantangan era digital
Tujuan
MAN 1 Bulukumba :
Dengan berpedoman pada visi dan misi yang telah
dirumuskan serta kondisi di madrasah, tujuan MAN 1 Bulukumba
diarahkan pada terwujudnya madrasah yang unggul dalam mutu, karakter, tata
kelola, dan transformasi digital.
Secara rinci tujuan madrasah dijabarkan sebagaiberikut :
1. Mewujudkan peserta didik yang beriman, bertakwa, dan
berakhlakul karimah melalui pembiasaan
nilai-nilai Islam dalam seluruh aspek kehidupan madrasah, sehingga terbentuk
generasi yang religius, santun, dan berkarakter Islami.
2. Meningkatkan mutu proses dan
hasil pembelajaran dengan menerapkan
strategi yang kreatif, inovatif, dan berbasis teknologi, sehingga menghasilkan
lulusan yang cerdas, berprestasi, serta mampu bersaing di tingkat lokal,
nasional, maupun global.
3. Mengembangkan kompetensi dan
profesionalisme pendidik serta tenaga kependidikan agar memiliki kinerja yang berintegritas, berdedikasi
tinggi, dan menjunjung budaya kerja “Sulapa
Lima” (Disiplin, Ulet, Totalitas, Taat beragama, Dapat
ditauladani).
4. Menciptakan lingkungan
madrasah yang sehat, bersih, aman, dan menyenangkan melalui penerapan budaya 7K (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan,
Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan, dan Keteladanan) sebagai wujud madrasah
yang nyaman dan kondusif bagi pembelajaran.
5. Meningkatkan tata kelola
madrasah yang transparan dan akuntabel
dengan manajemen yang efektif, efisien, dan berorientasi pada peningkatan mutu
layanan publik kepada seluruh warga madrasah.
6. Mewujudkan madrasah yang
adaptif terhadap perkembangan teknologi
dengan mengintegrasikan sistem informasi dan teknologi digital dalam bidang
pembelajaran, administrasi, dan manajemen, guna mendukung transformasi menuju
madrasah digital yang modern dan berdaya saing.
INDIKATOR
PENCAPAIAN VISI MISI
|
Visi |
Misi |
Indikator |
|
Terwujudnya
madrasah religius yang unggul, profesional, sehat dan bersih, akuntabel,
serta adaptif terhadap perkembangan teknologi. |
1.
Menumbuhkan pengamalan nilai-nilai
Islam dan akhlakul karimah dalam seluruh aktivitas warga madrasah |
b.
Terselenggara kegiatan keagamaan rutin (shalat
berjamaah, tadarus, kultum, peringatan
hari besar Islam). c.
Terbentuknya karakter religius dan disiplin pada
peserta didik. d.
Tumbuhnya budaya salam, senyum, sapa, sopan, santun. |
|
2. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas,
inovatif, dan berorientasi pada prestasi serta daya saing peserta didik. |
a.
Guru menggunakan model dan media pembelajaran berbasis
teknologi. b.
Meningkatnya hasil belajar dan prestasi akademik maupun
nonakademik siswa. c.
Adanya program pengembangan kompetensi siswa
(olimpiade, riset, lomba karya, pramuka, seni, olahraga). |
|
|
3.Mengembangkan profesionalisme pendidik dan tenaga
kependidikan melalui peningkatan kompetensi dan budaya kerja berkinerja
tinggi. |
a.
Pendidik dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan,
workshop, PKB, dan sertifikasi. b.
Tersusunnya dokumen pembelajaran lengkap (ATP, Modul
Ajar, Asesmen). c.
Meningkatnya kinerja guru dalam penilaian PKG dan
supervisi akademik. |
|
|
4.
Mewujudkan lingkungan
madrasah yang sehat, bersih, aman, dan menyenangkan sebagai cerminan budaya
7K. |
a.
Terlaksananya program budaya 7K secara berkelanjutan. b.
Tersedianya sarana kebersihan, sanitasi, dan ruang
terbuka hijau. c.
Adanya kegiatan kebersihan dan penghijauan berkala. d.
Lingkungan madrasah bebas sampah dan polusi. |
|
|
5.
Menyelenggarakan tata
kelola madrasah yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan
mutu layanan publik. |
a.
Laporan keuangan dan aset madrasah disusun secara
terbuka dan terverifikasi. b.
Tersedianya SOP layanan publik madrasah. c.
Pelayanan administrasi cepat, transparan, dan memuaskan
warga madrasah. d.
Evaluasi internal (EDM) dilaksanakan secara berkala. |
|
|
6. Mengintegrasikan teknologi informasi dalam
pembelajaran, administrasi, dan manajemen madrasah untuk menghadapi tantangan
era digital. |
a.
Tersedianya jaringan internet dan perangkat TIK yang
memadai.diarea madrasah b.
Guru dan siswa aktif menggunakan platform digital
(e-learning, RDM, SIMPATIKA, EMIS, SKP Ekinerja). c.
Terlaksananya kegiatan literasi digital bagi guru dan
siswa d.
Madrasah memiliki sistem informasi dan publikasi
digital yang aktif (website, media sosial, aplikasi layanan). |